September 6, 2017

Suporter Tanpa Seragam


Layaknya seorang suporter sebuah kesebelasan yang berlaga di kompetisi sepak bola, baik di dalam negeri maupun luar negeri, hampir bisa dipastikan memiliki seragam yang menjadi ciri khas kesebelasan yang didukungnya. 

Seorang Madridista pasti mengoleksi seragam kebesaran El Real yang berwarna putih, atau seorang Milanisti yang akan mengoleksi seragam kebanggaan AC Milan berwarna merah-hitam. Seorang Jakmania akan mengoleksi seragam berwarna oranye yang menjadi kebanggaan kesebelasan Persija, atau seorang Panser akan mengoleksi seragam warna biru khas PSIS.

Seragam dapat diperoleh di berbagai tempat yang menjual berbagai macam pernik sepak bola, baik secara onlen maupun oflen, baik yang orisinil maupun tiruan. Saya tidak akan membahas soal itu.

Di dalam stadion di mana kesebelasan kebanggaan kita bertanding pasti akan didominasi oleh warna yang menjadi ciri khas kesebelasan itu. Namun di antara mereka yang hadir di stadion, ada juga yang memilih tidak mengenakan seragam yang sama dengan kesebelasan yang didukungnya. 

Mereka tampil apa adanya. Menggunakan pakaian yang bahkan mungkin tidak mencirikan sebagai seorang penggemar sepak bola. Mereka mengenakan pakaian kasual sehari-hari, atau kaos oblong dengan warna yang bisa jadi jauh berbeda dengan warna khas kesebelasan yang didukung.

Bukan berarti mereka tidak sepenuh hati dalam memberikam dukungan, bukan pula kadar kefanatikan mereka lebih rendah dari pada mereka yang "berseragam" itu. Semua itu berdasarkan pilihan mereka sendiri. Mereka mendukung dengan cara mereka sendiri, mereka pun mengkritisi penampilan kesebelasan yang didukungnya menurut cara mereka. Mereka tidak punya pemimpin untuk mengoordinir dan mengatur mereka. Mereka berdiri sendiri. Independen.

Mengenakan seragam atau tidak adalah sebuah pilihan, sebagaimana apakah kita akan bersepatu atau bersandal jepit ketika memasuki stadion. Namun dengan gairah yang sama mereka digerakkan untuk bersama-sama menuju stadion, mendukung kesebelasan yang dibanggakannya, dengan berseragam atau berpenampilan biasa saja.

No comments:

Post a Comment